Ngoding Ngoding Ngoding Blogging

KATEGORI KOMPUTER (STUDI KASUS 1.A)


Pada umumnya komputer dikelompokkan dalam tujuh kategori seperti di bawah ini :
KOMPUTER PRIBADI (PC)
Komputer Pribadi (PC) merupakan yang dapat mengerjakan seluruh input, pemrosesan, output dan aktivitas penyimpanannya oleh dirinya sendiri, komputer pribadi terdiri atas prosessor , memori, dan perangkat input, output dan media penyimpanan. Komputer pribadi sering kita kenal dengan komputer dekstop, karepa ukurannya perangkat input maupun output komputer ini dimuat dalam satu meja.
Istilah komputer pribadi pertama kali digunakan di majalah New Scientist pada tahun 1964 dalam artikel yang berjudul “The World in 1984”. Dalam “The Banishment of Paper Work”, Artur L. Samuel dari Pusat Penelitian Watson (Watson Research Center) milik IBM menulis, “Meskipun mungkin sajakita dapat memperoleh pendidikan di rumah melalui PC, sifat manusia tetap tak akan berubah.”
Generasi petama mikrokomputer mulai bermunculan pada tahun 70-an. Namun karena tidak memiliki kemampuan yang tinggi dan kurang cakap dibandingkan dengan komputer bisnis (buseness computer) pada waktu itu, maka hanya digunakan oleh peminat komputer atau hanya untuk permainan elektronik serta penggunaan bulletin board sistem.
Mikrokomputer menjadi alat perniagaan ketika program spreadsheet ViziCalc diluncurkan di mesin Apple II, dan kemudian untuk kelompok 8-bit Atari, Commodore PET, dan PC IBM yang menjadi aplikasi terpopuler.

KOMPUTER MOBILE
Kategori komputer mobile :
  1. Notebook/Laptop : Komputer jinjing adalah komputer bergerak (mobile) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg. Sebagai komputer pribadi , laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer dekstop pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada komputer dekstop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Cristal Display) berukuran 10 inchi sampai 17 inchi. Selain itu keyboard pada laptop juga dilengkapi dengan papan sentuh pengganti mouse.
  2. Table PC : Table PC merupakan modifikasi dari laptop dengan memiliki keunggulan bisa diletakkan mendatar di atas meja. Keunggulan dari table PC adalah layar monitornya sudah menggunakan teknologi layar sentuh.
  3. Komputer Genggam : Personal Digital Assistant atau PDA adalah sesuah alat elektronik berbasis komputer dan berukuran kecil dan dapat dibawa kemana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisasi pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulato, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim email, penerima dan perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, PDA juga dapat digunakan untuk mengakses GPS dan dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, extranet lewat WiFi.
KONSOL GAME
Konsol game merupakan alat komputer yaang dirancang untuk satu permainan atau lebih. Pada konsol game terdapat input seperti kontrol genggam, CD, DVD, sedangkan input, layar (tampilan), memori card (untuk penyimpanan). Konsol game yang sangat populer adalah PlayStation 3 dari Sony dan Xbox 360 dari Microsoft.

SERVER
Server merupakan suatu komputer yang mampu mengendalikan akses hardware, software dan sumber daya lain pada jaringan komputer. Server juga menyediakan area penyimpanan terpusat untuk program, data dan informasi. Server menyediakan dua hingga ribuan sambungan dengan komputer dalam jaringan.
MAINFRAME
Mainframe merupakan komputer yang sangat besar dan juga memiliki harga mahal serta sangat kuat, bisa menangani ratusan hingga ribuan pengguna yang terhubung secara bersamaan. Mainframe ini dapat menyimpan data, perintah, dan informasi dalam jumlah yang sangat besar.
SUPER KOMPUTER
Superkomputer merupakan komputer yang paling cepat dan kuat serta paling mahal. Superkomputer mampu memproses lebih dari 100 triliun perintah dalam satu detik. Simulasi dari superkomputer seperti aplikasi luar angkasa yang dimiliki NASA, perbankan online, ramalan cuaca, dan lain sebagainya.
KOMPUTER TERTANAM (EMBEDDED COMPUTER)
Embedded computer merupakan suatu komputer yang dibuat dengan tujuan khusus yang berfungsi sebagai komponen dalam produk yang lebih besar. Komputer ini sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti :
  1. Peralatan elektronik
  2. Alat-alat rumah tangga yang otomatis
  3. Otomotif
  4. Robot
Komputer ini umumnya berukuran kecil dengan hardware yang terbatas. Komputer ini mampu mengerjakan beberapa fungsi, bergantung kebutuhan produk dari kategori dimana komputer tersebut berada.

0 komentar:

Posting Komentar